Peningkatan Kuantitas dan Kualitas Produk Keripik Talas dan Singkong pada Kelompok Industri Rumah Tangga Melalui Program Kemitraan Masyarakat (PKM)

Authors

  • Hena Dian Ayu Universitas Kanjuruan Malang
  • Wignyo Winarko Universitas Kanjuruan Malang
  • Akhmad Jufriadi Universitas Kanjuruan Malang

DOI:

https://doi.org/10.30741/eps.v1i02.303

Keywords:

Kuantitas, Kualitas, Produk, Kripik

Abstract

Tujuan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi kripik umbi singkong dan umbi talas melalui alih tekhnologi dan pelatihan management produksi hingga pemasaran. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan menggunakan demostrasi, ploting dan evaluasi ketercapain Program Kemitraan Masyarakat (PKM) kepada mitra yaitu kelompok industri rumah tangga. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan bahwa alih tekhnologi berupa penggunaan perajang otomatis mampu menghemat tenaga, waktu dan selisih umbi rajang yang dihasilkan yaitu 35 kg/jam. Penggunaan spinner peniris minyak mampu meniriskan tiga kali lipat dibanding menggunakan peniris tradisional. Secara umum dapat disimpulkan bahwa program pengabdian ini mampu meningkatkan kuantitas dan kualitas produksi keripik, sehingga omset mitra pengabdian dapat meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budiyanto, 2012, Perancang Mesin Perajang Singkong, Tugas Akhir, Universitas Yogyakarta Malang.
G Niemann, 1992, Elemen Mesin, (Anton Budiman: terjemahan), Erlangga: Jakarta.
Sato,Takesi, 2005, Menggabar Mesin Menurut ISO, Pradnya Paramita: Jakarta.
Sularso, Suga, Kiyokatsu. 2002, Dasar Perencanaan Dan Pemilihan Elemen Mesin, Pradnya Paramita : Jakarta.
Winarko, W. A. Jufriadi & H D. Ayu, 2017. Peningkatan Kapasitas Peternak Lele Tradisional Melalui Program Kemitraan Masyarakat, JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 2(2), 173-180
Yusri, 2017, Pengujian dan Perawatan Mesin Peniris Minyak untuk Gorengan-Gorengan, Tugas Akhir, Politeknik Negeri Padang.

Downloads

Published

2018-08-31

How to Cite

Dian Ayu, H., Winarko, W., & Jufriadi, A. (2018). Peningkatan Kuantitas dan Kualitas Produk Keripik Talas dan Singkong pada Kelompok Industri Rumah Tangga Melalui Program Kemitraan Masyarakat (PKM). Empowerment Society, 1(02), 20–29. https://doi.org/10.30741/eps.v1i02.303

Issue

Section

Articles