PENDAMPINGAN PROMOSI PRODUK BAGI KELOMPOK PENGRAJIN LAYANG-LAYANG DI DESA KARANGSONO KECAMATAN BANGSALSARI KABUPATEN JEMBER

Authors

  • Tri Palupi Robustin STIE Widya Gama Lumajang

DOI:

https://doi.org/10.30741/eps.v1i02.304

Keywords:

Promosi, UD. Arif Putra, Layang-layang

Abstract

Dalam sebuah usaha/bisnis, promosi adalah salah satu faktor penting dalam menentukan sukses atau tidaknya sebuah bisnis tersebut. Strategi promosi yang baik dapat membuat bisnis tersebut lebih cepat dikenal oleh masyarakat luas. Promosi sendiri, adalah sebuah kegiatan untuk menginformasikan sebuah bisnis, sehingga nantinya dapat mempengaruhi calon konsumen untuk tertarik melakukan pembelian pada produk/jasa yang disediakan dari bisnis yang melakukan promosi. UD. Arif Putra adalah usaha kecil menengah yang memproduksi layang-layang yang beralamat di Desa Karangsono Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember. Usaha ini didirikan oleh Samsul Arifin pada tahun 2010. Sebelum mendirikan usaha layang-layang, Samsul Arifin membeli dari produsen layang-layang dari Ambulu, kemudian menjadi penjual layang-layang keliling untuk mendistribusikan ke toko-toko. Namun karena ada permasalahan terhambatnya stok dari produsen layang-layang tersebut, maka Samsul Arifin memiliki inisiatif mendirikan usaha sendiri untuk menjadi produsen layang-layang. Kesulitan pertama pada saat mendirikan usaha ini adalah pada masalah bahan baku, khususnya lem perekat untuk menempelkan plastik dengan bambunya. Meskipun usaha layang-layang ini termasuk jenis usaha kecil menengah, maka tetap harus melakukan strategi promosi yang tepat untuk kemajuan usahanya. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian masyarakat ini memberikan pendampingan promosi melalui brosur dan blog yang merupakan media promosi yang tepat untuk usaha layang-layang milik Samsul Arifin tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kotler and Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1 Edisi ke 13. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Downloads

Published

2018-08-31

How to Cite

Robustin, T. P. (2018). PENDAMPINGAN PROMOSI PRODUK BAGI KELOMPOK PENGRAJIN LAYANG-LAYANG DI DESA KARANGSONO KECAMATAN BANGSALSARI KABUPATEN JEMBER. Empowerment Society, 1(02), 30–36. https://doi.org/10.30741/eps.v1i02.304

Issue

Section

Articles