Timeliness Sebagai Variabel Intervening Untuk Pengaruh Ukuran Perusahaan Terhadap Respon Laba

Authors

  • Ratna Wijayanti Daniar Paramita STIE Widya Gama Lumajang

DOI:

https://doi.org/10.30741/wiga.v4i1.114

Keywords:

Comulatif abnormal return, Timeliness, ukuran perusahaan

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk memperoleh bukti empirik, menguji dan menjelaskan timeliness sebagai variable intervening untuk pengaruh ukuran perusahaan terhadap  respon laba pada perusahaan manufaktur yang go publik di BEI tahun 2008-2012. Penelitian ini merupakan rangkaian dari penelitian yang pernah dilakukan oleh peneliti yaitu pengaruh leverage, size terhadap earning response coefisient dengan Voluntary disclousure sebagai variabel intervening.

Metode    pengumpulan    data    yang    digunakan    adalah    menggunakan teknik observasi tidak langsung yaitu teknik dokumenter data sekunder, berupa pengambilan data laporan keuangan, data laporan tahunan, data harga pasar saham dan indeks harga saham gabungan (IHSG). Selanjutnya data yang diperoleh dilakukan evaluasi dengan cara cross sectional   approach   dan   time-series analysis.   Cross   Sectional   Approach untuk mengevaluasi objek dengan jalan membandingkan dengan perusahaan lain, sedangkan cara time-series analysis melakukan evaluasi dengan jalan membandingkan laporan keuangan perusahaan dari satu periode dengan periode lainnya.

Rencana analisis data dalam penelitian ini akan dilakukan dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan aplikasi Analisys of Moment Structure (AMOS) version 21. Structural model adalah model mengenai struktur hubungan yang membentuk dan menjelaskan hubungan kausalitas antara variabel eksogen dan endogen yang digunakan dalam penelitian ini.

Hasil penelitian ini menyimpulkan terdapat pengaruh signifikan antara ukuran perusahaan terhadap timeliness, tetapi tidak untuk pengaruh timeliness terhadap CAR. Sedangkan terhadap pengujian ukuran perusahaan melalui timeliness terhadap CAR diperoleh hasil bahwa timeliness merupakan variabel intervening.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2014-03-31

How to Cite

Daniar Paramita, R. W. (2014). Timeliness Sebagai Variabel Intervening Untuk Pengaruh Ukuran Perusahaan Terhadap Respon Laba. Wiga : Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi, 4(1), 34–42. https://doi.org/10.30741/wiga.v4i1.114

Issue

Section

Articles