Analisis Komparatif Selera Konsumen Perkotaan Dengan Perdesaan Terhadap Pembelian Selendang Gendongan Bayi Merk Badawi Traso Warna Merah

Studi Kasus Pada UD. Sinar Baru Lumajang dan UD Hj. Farida Yosowilangun Lumajang

Authors

  • Kasno T.Kasim STIE Widya Gama Lumajang

DOI:

https://doi.org/10.30741/wiga.v4i1.118

Keywords:

Kualitas Produk, Warna, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti adanya perbedaan yang signifikan antara selera konsumen perkotaan dengan perdesaan terhadap pembelian selendang gendongan bayi badawi traso warna merah pada UD. Sinar Baru dan UD. Hj. Farida Yosowilangun Lumajang, dengan pertimbangan bahwa warna produk dapat mempengaruhi keputusan pembelian masyarakat yang berbeda karakteristiknya.

Penelitian ini melakukan pengujian terhadap hipotesis yang menyatakan terapat perbedaan yang signifikan antara selera konsumen perkotaan dengan perdesaan terhadap pembelian selendang gendongan bayi badawi traso warna merah pada UD. Sinar Baru dan UD. Hj. Farida Yosowilangun Lumajang. Dipihnya UD. Sinar Baru di Lumajang adalah untuk mewakili masyarakat perkotaan, sedangkan dipilihnya UD. Hj. Fatimah di kecamatan Yosowilangun Lumajang ini adalah mewakili masyarakat perdesaan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 40 responden dari konsumen perkotaan dan 40 responden dari masyarakat perdesaan, sehingga keseluruhan berjumlah 80 responden.

Metode penelitian yang digunakan adalah analisis hipotesis dengan menggunakan  metode  Chi  Square  yang  merupakan  alat  untuk  menguji  apakah dua proprsi atau lebih itu mempunyai perbedaan yang signifikan atau tidak. Hasil penelitian dengan menggunakan metode Chi Square ini menunjukkan bahwa perbedaan yang signifikan antara selera konsumen perkotaan dengan perdesaan terhadap pembelian selendang gendongan bayi badawi traso warna merah pada UD. Sinar Baru dan UD. Hj. Farida Yosowilangun Lumajang.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2014-03-31

How to Cite

T.Kasim, K. (2014). Analisis Komparatif Selera Konsumen Perkotaan Dengan Perdesaan Terhadap Pembelian Selendang Gendongan Bayi Merk Badawi Traso Warna Merah: Studi Kasus Pada UD. Sinar Baru Lumajang dan UD Hj. Farida Yosowilangun Lumajang. Wiga : Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi, 4(1), 61–70. https://doi.org/10.30741/wiga.v4i1.118

Issue

Section

Articles