Analisis Pengaruh Persepsi Manajer Atas Informasi Akuntansi Terhadap Keberhasilan Perusahaan Kecil Di Kawasan Sidoarjo

Authors

  • Masyhad Masyhad STIE Widya Gama Lumajang

DOI:

https://doi.org/10.30741/wiga.v3i1.84

Keywords:

Earning Response Coefficient, ERC, Comulative Abnormal Return, CAR, Unexpected Earning, UE

Abstract

Salah satu sumber kemampuan harga saham dalam memprediksi laba perusahaan masa datang adalah dengan informasi yang terefleksi pada ekspektasi pasar. Laba akuntansi pada suatu periode menunjukkan: 1) dampak dari transaksi perdagangan selama periode fiskal yang menghasilkan kas (seperti penjualan tunai dan perubahan piutang), 2) dampak dari aktivitas periode yang lalu (seperti biaya penyusutan dan harga pokok penjualan), dan 3) dampak dari pengeluaran untuk investasi masa yang akan datang.

Penelitian ini dirancang untuk menjelaskan pengaruh variabel dependen berupa Comulative  Abnormal  Return  (CAR)  dan  variabel  independen  Unexpected  Earning (UE). CAR merupakan proksi harga saham yang menunjukkan besarnya respon pasar terhadap laba akuntansi yang dipublikasikan. UE merupakan proksi laba akuntansi yang menunjukkan hasil kinerja keuangan perusahaan selama periode tertentu.   Variabel independen lainnya adalah harga saham perusahaan. Model yang digunakan adalah model yang menghitung Earning Response Coefficient (ERC) sekaligus mencari hubungan antara  Earning Response Coefficient (ERC) terhadap harga saham.

Penelitian ini meneliti 20 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2007-2011. Hasil penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa Earning Response Coefficient (ERC) tidak dapat memprediksi  harga saham perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2013-03-31

How to Cite

Masyhad, M. (2013). Analisis Pengaruh Persepsi Manajer Atas Informasi Akuntansi Terhadap Keberhasilan Perusahaan Kecil Di Kawasan Sidoarjo. Wiga : Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi, 3(1), 21–34. https://doi.org/10.30741/wiga.v3i1.84

Issue

Section

Articles