PEMBERDAYAAN UMKM MELALUI AKUN ORGANISASI BISNIS BERBASIS E-COMMERCE (Studi Kasus Pada Forum Online UKM KSRN Kabupaten Jember)
DOI:
https://doi.org/10.30741/adv.v2i02.355Abstract
. Pemberdayaan UMKM menjadi hal yang sangat penting dalam meningkatkan sektor ekonomi bangsa Indonesia. Berbagai program untuk mendorong peningkatan kapasitas UMKM sedang dilakukan bersama-sama oleh seluruh stakeholder yang ada. Mulai dari memaksimalkan kualitas produk yang dihasilkan mereka hingga strategi pemasaran yang dapat menjangkau masyarakat secara global, salah satu contohnya adalah memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin canggih dengan adanya internet. Tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui secara mendalam Pengelolaan akun organisasi UKM KSRN Kabupaten Jember yang ada di online marketplace Tokopedia dan Bukalapak. Manfaat penelitian yang diharapkan mampu memberikan referensi pengetahuan untuk memperkaya ilmu pengetahuan berkaitan dengan pengelolaan akun bisnis online yang bermanfaat bagi mahasiswa maupun bagi kegiatan penelitian secara umum. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif menggunakan pendekatan studi kasus. Kasus menarik dari kegiatan penelitian ini adalah Para pelaku UMKM di Kabupaten Jember membuat komitmen bersama, membangun Society Company Building dan membuat sebuah akun organisasi di beberapa marketplace online untuk meningkatkan penjualan produk mereka secara global. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberadaan akun organisasi Forum Online UKM KSRN Kabupaten Jember mampu menjadikan mereka berdaya dan terampil dalam hal pemasaran secara online, dapat menjangkau pasar secara global, dan meningkatkan produktivitas mereka.
Downloads
References
Bogdan. R.C & Biklen, S.K. (1992) Qualitatif Research for Education, An Introduction to Theory and Methods. Boston : Allyn & Bacon
Guba, E.G dan Lincoln, Y.S. (2005). Competing Paradigms in Qualitative Research. Dalam Denzin. N.K dan Lincoln, Y.S. (Eds). The Sage Handbook of Qualitative Research. Thousand Oaks. CA : Sage Publication
Gunawan, Iman. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. PT. Bumi Aksara : Jakarta
Sudaryanto, Ragimun dan Rahma Rina Wijayanti. 2012. Strategi Pemberdayaan UMKM Menghadapi Pasar Bebas ASEAN. E-Jurnal UIN Jakarta. Vol. 4 No. 10 Tahun 2012 : 3012-3044
Shabur Miftah, Maulana, Heru Susilo dan Riyadi. 2015. Implementasi E-Commerce sebagai Media Penjualan Online (Studi Kasus pada Toko Pastbrik Kota Malang). Vol 13 No. 2. September 2015 : 123-134
Herdiansyah, Haris. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif untuk ilmu-ilmu sosial. Salemba humanika : Jakarta
Kertajaya, Hermawan. 2004. On Becoming The Marketing Company. PT. Gramedia Pustaka Utama : Jakarta
Kotler dan Amstrong, 1999. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Terjemahan jilid 1, Erlangga: Jakarta
Kartasasmita, Ginjar 1995. Pemberdayaan Masyarakat Sebuah Tinjauan Administrasi Pidato Pengakuan Jabatan Guru Besar Dalam Ilmu Administrasi Pada Fakultas Ilmu Administrasi. Malang: Universitas Brawijaya.
Miles Matthew B. Huberman Michael A. (1984). Qualitatif Data Analysis A Sourcebook of New Methods. Sage Publications, Beverly Hills : London
Mubarok, Mufti. 2013. Manajemen Praktis Kewirausahaan. Graha Pustaka Media Utama : Surabaya
Raharjo, M. 2013. Analisis Data Penelitian Empirik (Sebuah Pengalaman Empirik. Gramedia : Jakarta
Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta
Sumaryadi, I Nyoman, 2005. Perencanaan Pembangunan Daerah Otonom dan Pemberdayaan Masyarakat. CV. Citra Utama, Jakarta