STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK PARIWISATA KREATIF BERBASIS POTENSI SUMBER DAYA ALAM DAN KEARIFAN LOKAL DESA WISATA

Authors

  • Nawangsih Nawangsih stie widya gama lumajang

DOI:

https://doi.org/10.30741/adv.v2i02.362

Keywords:

strategi pengembangan, sumber daya alam, kearifan lokal, , desa wisata

Abstract

Bidang pariwisata menjadi salah satu sektor yang banyak mendapatkan perhatian, mengingat dampak multidimensi yang ditimbulkan dari bidang tersebut kepada bidang yang lainnya, yang berperan penting bagi peningkatan perekonomian masyarakat sekitar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pengembangan produk pariwisata kreatif dan untuk mengetahui potensi sumber daya alam dan kearifan lokal yang dimiliki desa wisata. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif kualitatif, dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Tekhnik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengembangan produk wisata kreatif, yang dikembangkan desa wisata, dengan menggunakan berbagai media online maupun offline, memanfaatkan event bazar, festival budaya dan kegiatan yang erat kaitannya dengan pariwisata dan kearifan lokal masyarakat desa. Potensi sumber daya alam dan bentuk kearifan lokal yang dimiliki oleh desa wisata sangat beragam, antara lain : wisata kebuh teh, wisata air terjun, wisata alam adventure dan jenis wisata alam lainnya, sedangkan bentuk kearifan lokal desa wisata antara lain : festifal ujung mantra, event ronang, karnaval desa, sedekah desa dan event wisata dan kearifan lokal lainnya. Rekomendasi penelitian : perlu adanya kegiatan regenerasi untuk pelestarian wisata budaya agar bisa dikembangkan dari generasi ke generasi, untuk pengembangan desa wisata

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fathiyah dan Hiryanto (2010), Local Wisdom Identification on Understanding Natural Disaster Sign by Elders in Daerah Istimewa Yogyakarta : Media Informasi Penelitian Kesejahteraan Sosial. Vol.37, No.1, Maret 2013, hal. 453-462.
Kostopoulou, S. (2013). On the Revitalized Waterfront: Creative Milieu for Creative Tourism. Sustainability, 5(11), 4578 - 4593.
Muljadi dan Andriwarman, (2014), Kepariwisataan dan Perjalanan, Edisi Revisi Penerbit : PT. Raja Grafindo Persada : Jakarta
Ohridska-Olson, R., & Ivanov, S. H. (2010). Creative Tourism Business Model and Its Application in M. Damayanti, Latifah/ JPK Vol. 3 No. 2 (2015) 100 – 111 111 Bulgaria. Paper presented at the The Black Sea Tourism Forum 'Cultural Tourism – The Future of Bulgaria, Bulgaria. http://ssrn.com/abstract=1690425
Prawironegoro dan Rivai (2015), Manajemen Strategi. Alfabeta : Jakarta
Sugiyono. (2014), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D ( Research and Development ), Penerbit Alfabeta : Bandung
UNESCO. (2006). Towards Sustainable Strategies for Creative Tourism. Retrieved from Santa Fe: UNESCO

Yoeti, Oka. (2008), Pengantar Ilmu Pariwisata. Penerbit Angkasa : Bandung

Downloads

Published

2018-12-31

How to Cite

Nawangsih, N. (2018). STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK PARIWISATA KREATIF BERBASIS POTENSI SUMBER DAYA ALAM DAN KEARIFAN LOKAL DESA WISATA. Jurnal Ilmu Manajemen Advantage, 2(02), 70–80. https://doi.org/10.30741/adv.v2i02.362

Issue

Section

Articles