Pengelompokkan Wilayah Berdasarkan Rasio Guru-Murid Pada Jenjang Pendidikan Menggunakan Algoritma K-Means

Authors

  • Marita Qori’atunnadyah Institut Teknologi dan Bisnis Widya Gama Lumajang

DOI:

https://doi.org/10.30741/jid.v1i1.898

Keywords:

Guru, Murid, K-Means, Pengelompokkan, Rasio

Abstract

Pendidikan memiliki peranan penting dalam kehidupan. Oleh karena itu, pemerintah perlu untuk mengupayakan pemerataan pendidikan. Salah satu indikator pemerataan pendidikan adalah rasio antara guru dan murid. Semakin kecil nilai rasio guru-murid berarti semakin efektif proses belajar mengajar yang dilakukan sehingga diharapkan mutu pendidikan semakin baik. Penelitian ini berfokus pada pengelompokkan wilayah berdasarkan rasio guru-murid pada jenjang pendidikan sekolah dasar dan menengah di Kabupaten Lumajang tahun 2021. Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa pengelompokkan wilayah terbagi menjadi 3 cluster.  Cluster 1 merupakan cluster kecamatan dengan rasio guru-murid paling kecil yang memiliki anggota sebanyak 9 kecamatan. Kemudian cluster 2 merupakan cluster kecamatan dengan rasio guru-murid paling besar yang memiliki anggota sebanyak 2 kecamatan. Selanjutnya, cluster 3 merupakan cluster kecamatan dengan rasio guru-murid cukup yang memiliki anggota terbanyak yaitu 10 kecamatan. Berdasarkan hasil pengelompokkan tersebut, pemerintah Kabupaten Lumajang perlu memperhatikan kecamatan yang terdapat pada cluster 2 karena cluster tersebut memiliki rasio guru-murid yang paling besar, sehingga diharapkan kedepannya rasio guru-murid bisa menjadi lebih kecil.

Downloads

Published

2023-03-01

How to Cite

Qori’atunnadyah, M. (2023). Pengelompokkan Wilayah Berdasarkan Rasio Guru-Murid Pada Jenjang Pendidikan Menggunakan Algoritma K-Means. Journal of Informatics Development, 1(1), 33–38. https://doi.org/10.30741/jid.v1i1.898