Taman Baca Anak: Pengembangan Literasi Kearifan Lokal

Authors

  • Ratna Wijayanti Daniar Paramita STIE Widya Gama Lumajang

DOI:

https://doi.org/10.30741/eps.v1i02.300

Keywords:

Taman bacaan, buku-buku, sarana permainan edukatif, belajar dan bermain

Abstract

Taman bacaan anak ini merupakan taman bacaan yang didirikan dengan sasaran anak-anak usia pra sekolah dan usia TK dan lokasi taman bacaan inipun berada pada lokasi sekolah Paud dan posyandu. Keberadaan taman bacaan ini cukup mendapat respon dan diminati anak-anak baik pada buku-buku cerita anak dan permainan eduktif karena sebagai sesuatu yang tidak mereka miliki di rumah. Sehingga keberadaan taman bacaan ini tidak hanya sebagai sarana belajar tetapi juga sarana bermain anak-anak. Permasalahan yang dihadapi pada taman bacaan ini adalah minimnya koleksi buku-buku, sarana dan prasarana yang belum memadai serta manajemen pengelolaan taman bacaan yang masih rendah. Target yang akan dicapai di dalam pengabdian bagi masyarakat ini adalah berupa pencapaian  tujuan umum kegiatan pengabdian masyarakat yaitu untuk pengembangan taman bacaan anak. Untuk mencapai tujuan tersebut rencana kegiatan ini adalah berupa: memberikan penyediaan sarana dan prasarana meliputi penambahan koleksi buku-buku, penyediaan rak tempat buku, penyediaan sarana permaianan edukatif, desain tempat untuk memberikan kenyamanan pada anak-anak ketika berada di taman bacaan tersebut. Disamping itu juga memberikan pelatihan manajemen terkait pengelolaan dan  pemeliharaan buku-buku serta pelatihan penggunaan permainan edukatif. Diharapkan menjadi tempat pengembangan budaya literasi dengan tidak menghilangkan kearifan lokal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, DIKTI, 2013. Panduan Pelaksanaan Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Di Perguruan Tinggi Edisi IX.
Dirjen Paun, Nonformal dan Informal, (2013), “Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Paud” Direktorat Pendidikan Usia Dini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Direktorat pendidikan masyarakat, pedoman pengelolaan taman bacaan masyarakat Jakarta: Direktorat jendral pendidikan luar sekolah departemen pendidikan nasional, 2006
Martuti, A.2008. Mengelola PAUD dengan Aneka Permainan Meraih Kecerdasan Majemuk. Yogyakarta: Kreasi Wacana.
Sutarno NS, Perpustakaan dan masyarakat, akarta, yayasan obor indonesia, 2003
Simbolon, Tony, pengembangan budaya baca melalui taman bacaan masyarakat, Jakarta, PT Ryan eka mandiri, 2007

Downloads

Published

2018-08-31

How to Cite

Paramita, R. W. D. (2018). Taman Baca Anak: Pengembangan Literasi Kearifan Lokal. Empowerment Society, 1(02), 1–13. https://doi.org/10.30741/eps.v1i02.300

Issue

Section

Articles