Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Tingkat Kepuasan Nasabah

Authors

  • Muhammad Ridwan Basalamah

DOI:

https://doi.org/10.30741/wiga.v7i2.339

Keywords:

Kualitas Produk, Kepuasan Nasabah

Abstract

Bank  Rakyat  Indonesia  merupakan  Bank  Pemerintah  Pertama  di  Indonesia.  Memiliki  visi yaitu menjadi bank komersial terkemuka yang selalu mengutamakan  kepuasan nasabah. Berdasarkan visi tersebut  BRI Cabang  Kota Makassar  selalu melakukan  evaluasi  dari tahun ke tahun dalam hal penciptaan   kepuasan   nasabah.   BRI  Cabang  Kota  Makassar   sadar  betul  bahwa  kualitas  produk memiliki  peran penting dalam penciptaan  kepuasan  nasabah.  Nasabah  yang semakin kritis terhadap kualitas  produk  yang  diperoleh,  membuat  BRI  Cabang  Kota  Makassar  harus  dapat  melaksanakan kegiatan operasional sebaik mungkin untuk memberikan produk terbaik kepada nasabahnya penelitian ini mencakup  dua hal yaitu kualitas  produk  mempengaruhi  kepuasan  nasabah  atau kualitas  produk tidak mempengaruhi  kepuasan nasabah.

Penelitian  ini  dilakukan  pada  unit  kerja  operasional  Bank  BRI  di  Sulawesi  Selatan  yang

terdiri  dari 10 buah  kantor  cabang  untuk  10 kabupaten  dan Kota,  antara  lain Kantor  Cabang  BRI Makassar, Maros, Pangkep, Sidrap, Sengkang, Palopo, Sungguminasa, Takalar, Jeneponto, dan Bulukumba,    Populasi  dalam  penelitian  ini adalah  jumlah  nasabah  yang menabung  pada  rekening tabungan  Britama  BRI  pada  Kantor  Cabang  BRI  di  Sulawesi  Selatan,  karena  jenis  tabungan  ini memiliki  fitur dan karakteristik  yang relatif sama dan merupakan  produk tabungan  Bank BRI yang diunggulkan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk terhadap kepuasan nasabah  terdapat pengaruh secara positif dan signifikan, yang berarti  bahwa semakin tinggi persepsi nasabah terhadap kualitas produk tabungan Britama, maka nasabah semakin merasa puas. Hal ini berarti bahwa semakin baik  kualitas  produk  tabungan  yang diberikan  oleh  Bank  BRI di Sulawesi  Selatan,  maka  nasabah semakin merasa puas terhadap produk Bank BRI di Sulawesi Selatan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Tjiptono, Fandy. 2004, Pemasaran Jasa,
Bayumedia, Malang.

Bei, Lien-T. And Chian, Yu-Chiang, 2001.
An Integrated model for the effects of Perceived Product, Perceived Service Quality, and Perceived Price Fairness on Customer Satisfaction and Loyalty, Journal of Consumer Satisfaction, Dissatisfaction and Complaining Behaviour, Vol.14 :pp. 125-141.
Fornell C, MD Johnson, EW. Anderson, Jaesung Cha and B. Everin Bryant.
1996. The American Customer Satisfaction Index: Nature, Purpose and Findings. Journal of Marketing. Vol. 60. Pp. 7-17.
Hidayat, Rachmad. 2009. Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk dan Nilai Nasabah Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah
bank Mandiri, Jurnal Manajemen dan kewirausahaan, Vol. 11 No. 1, Maret 2009.
Holm, Mats G. 2000. Service Quality and Product Quality in Housing Refurbishment. The International Journal of Quality and Reliability Management. Vol. 17. Pp. 527-542.
Kotler, Philip. 2009. Marketing
Management, alih bahasa oleh
Hendra Teguh dan Ronny Rusli. PT Prendalindo. Jakarta.
Oliver, Richard L, 1997. Measurement and Evaluation of Satisfaction Process in Retail Setting. Journal of retailing, Vol. 57. Pp. 25-48.
Sekaran, Uma, 2006, Research Methods For Business, 4th Edition, Kwen Men Yon (Penterjemah) 2006, Salemba Empat, Jakarta.
Suprapto, J. 1997. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Yamit, Zulian. 2004. Manajemen Kualitas
: Produk dan Jasa. Yogyakarta



































































Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi WIGA Vol. 7, September 2017, Hal 70 – 76 77

Downloads

Published

2018-12-12

How to Cite

Basalamah, M. R. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Tingkat Kepuasan Nasabah. Wiga : Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi, 7(2), 70–71. https://doi.org/10.30741/wiga.v7i2.339