Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Tingkat Kepuasan Nasabah
DOI:
https://doi.org/10.30741/wiga.v7i2.339Keywords:
Kualitas Produk, Kepuasan NasabahAbstract
Bank Rakyat Indonesia merupakan Bank Pemerintah Pertama di Indonesia. Memiliki visi yaitu menjadi bank komersial terkemuka yang selalu mengutamakan kepuasan nasabah. Berdasarkan visi tersebut BRI Cabang Kota Makassar selalu melakukan evaluasi dari tahun ke tahun dalam hal penciptaan kepuasan nasabah. BRI Cabang Kota Makassar sadar betul bahwa kualitas produk memiliki peran penting dalam penciptaan kepuasan nasabah. Nasabah yang semakin kritis terhadap kualitas produk yang diperoleh, membuat BRI Cabang Kota Makassar harus dapat melaksanakan kegiatan operasional sebaik mungkin untuk memberikan produk terbaik kepada nasabahnya penelitian ini mencakup dua hal yaitu kualitas produk mempengaruhi kepuasan nasabah atau kualitas produk tidak mempengaruhi kepuasan nasabah.
Penelitian ini dilakukan pada unit kerja operasional Bank BRI di Sulawesi Selatan yang
terdiri dari 10 buah kantor cabang untuk 10 kabupaten dan Kota, antara lain Kantor Cabang BRI Makassar, Maros, Pangkep, Sidrap, Sengkang, Palopo, Sungguminasa, Takalar, Jeneponto, dan Bulukumba, Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah nasabah yang menabung pada rekening tabungan Britama BRI pada Kantor Cabang BRI di Sulawesi Selatan, karena jenis tabungan ini memiliki fitur dan karakteristik yang relatif sama dan merupakan produk tabungan Bank BRI yang diunggulkan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk terhadap kepuasan nasabah terdapat pengaruh secara positif dan signifikan, yang berarti bahwa semakin tinggi persepsi nasabah terhadap kualitas produk tabungan Britama, maka nasabah semakin merasa puas. Hal ini berarti bahwa semakin baik kualitas produk tabungan yang diberikan oleh Bank BRI di Sulawesi Selatan, maka nasabah semakin merasa puas terhadap produk Bank BRI di Sulawesi Selatan
Downloads
References
Bayumedia, Malang.
Bei, Lien-T. And Chian, Yu-Chiang, 2001.
An Integrated model for the effects of Perceived Product, Perceived Service Quality, and Perceived Price Fairness on Customer Satisfaction and Loyalty, Journal of Consumer Satisfaction, Dissatisfaction and Complaining Behaviour, Vol.14 :pp. 125-141.
Fornell C, MD Johnson, EW. Anderson, Jaesung Cha and B. Everin Bryant.
1996. The American Customer Satisfaction Index: Nature, Purpose and Findings. Journal of Marketing. Vol. 60. Pp. 7-17.
Hidayat, Rachmad. 2009. Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk dan Nilai Nasabah Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah
bank Mandiri, Jurnal Manajemen dan kewirausahaan, Vol. 11 No. 1, Maret 2009.
Holm, Mats G. 2000. Service Quality and Product Quality in Housing Refurbishment. The International Journal of Quality and Reliability Management. Vol. 17. Pp. 527-542.
Kotler, Philip. 2009. Marketing
Management, alih bahasa oleh
Hendra Teguh dan Ronny Rusli. PT Prendalindo. Jakarta.
Oliver, Richard L, 1997. Measurement and Evaluation of Satisfaction Process in Retail Setting. Journal of retailing, Vol. 57. Pp. 25-48.
Sekaran, Uma, 2006, Research Methods For Business, 4th Edition, Kwen Men Yon (Penterjemah) 2006, Salemba Empat, Jakarta.
Suprapto, J. 1997. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Yamit, Zulian. 2004. Manajemen Kualitas
: Produk dan Jasa. Yogyakarta
Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi WIGA Vol. 7, September 2017, Hal 70 – 76 77