E-Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Di Rumah Penganti Sidoarjo

Authors

  • Laily Muzdalifah

DOI:

https://doi.org/10.30741/wiga.v7i2.344

Keywords:

Wedding Organizer, Rumah Pengantin L’Sinta Sidoarjo, E-Marketing

Abstract

Wedding organizer  merupakan suatu bisnis yang mana bergerak dalam bidang pelayanan jasa untuk pernikahan.Rumah pengantin L’Sinta Sidoarjo merupakan suatu bisnis di bidang wedd ng organizer yang mnyediakan berbagai jasa paket pelayanan wedding, mulai dari rias pengantin, dekor pelaminan, terop hingga pemesanan gaun pengantin. Semakin berkembangnya dunia bisnis dalam jasa pernikahan rumah pengantin  L’Sinta  pun  mengalami  penurunan  penjualan  pada  tahun  2012  yaitu hanya  sekitar  19 konsumen.Maka dengan adanya penurunan  penjualan  maka pihak  owner menggunakan E-Marketing untuk meningkatkan penjualan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian komparatif.Teknik pengumpulan data untuk penelitian ini adalah menggunakan survei dan wawancara.Adapun hasil dari penelitian ini adalah terdapat kenaikan penjualan  yang  semakin  tahun  yang semakin meningkat  dengan  adanya  penggunaan  E-Marketing. Peningkatan  penjualan  tersebut  yaitu  ditahun  2013  terdapat  37  konsumen,  tahun 2014  terdapat  45 konsumen, tahun 2015 sebanyak 49 konsumen dan tahun 2016 sebanyak 62 konsumen. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan E-Marketing di rumah pengantin L’Sinta Sidoarjo sangat efektif untuk meningkatkan penjualan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, Candra dan Dadang Hermawan. 2013.
E-Business & E-Commerce.Yogyakarta
: Andi.

http://tradisiperkawinan0.tripod.com/. Diakses :
15 Agustus 2016

http://www.viccasera.com/berita-174-apa-itu- wedding-organizer.html. Diakses : 15
Agustus 2016

https://id.wikipedia.org/wiki/Perdagangan_elektr onik, diakses : 12 Agustus 2016

https://web.facebook.com/lsinta.rumahpengantin
?fref=ts, diakses : 12 Agustus 2016

Instagram L’Sinta Rumah Pengantin

Nazir, Moh. 2014. Metode Penelitian. Bogor :
ghalia Indonesia.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Bisnis.
Bandung : Alfabeta.

Downloads

Published

2018-12-12

How to Cite

Muzdalifah, L. (2018). E-Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Di Rumah Penganti Sidoarjo. Wiga : Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi, 7(2), 125–131. https://doi.org/10.30741/wiga.v7i2.344