E-Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Di Rumah Penganti Sidoarjo
DOI:
https://doi.org/10.30741/wiga.v7i2.344Keywords:
Wedding Organizer, Rumah Pengantin L’Sinta Sidoarjo, E-MarketingAbstract
Wedding organizer merupakan suatu bisnis yang mana bergerak dalam bidang pelayanan jasa untuk pernikahan.Rumah pengantin L’Sinta Sidoarjo merupakan suatu bisnis di bidang wedd ng organizer yang mnyediakan berbagai jasa paket pelayanan wedding, mulai dari rias pengantin, dekor pelaminan, terop hingga pemesanan gaun pengantin. Semakin berkembangnya dunia bisnis dalam jasa pernikahan rumah pengantin L’Sinta pun mengalami penurunan penjualan pada tahun 2012 yaitu hanya sekitar 19 konsumen.Maka dengan adanya penurunan penjualan maka pihak owner menggunakan E-Marketing untuk meningkatkan penjualan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian komparatif.Teknik pengumpulan data untuk penelitian ini adalah menggunakan survei dan wawancara.Adapun hasil dari penelitian ini adalah terdapat kenaikan penjualan yang semakin tahun yang semakin meningkat dengan adanya penggunaan E-Marketing. Peningkatan penjualan tersebut yaitu ditahun 2013 terdapat 37 konsumen, tahun 2014 terdapat 45 konsumen, tahun 2015 sebanyak 49 konsumen dan tahun 2016 sebanyak 62 konsumen. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan E-Marketing di rumah pengantin L’Sinta Sidoarjo sangat efektif untuk meningkatkan penjualan.
Downloads
References
E-Business & E-Commerce.Yogyakarta
: Andi.
http://tradisiperkawinan0.tripod.com/. Diakses :
15 Agustus 2016
http://www.viccasera.com/berita-174-apa-itu- wedding-organizer.html. Diakses : 15
Agustus 2016
https://id.wikipedia.org/wiki/Perdagangan_elektr onik, diakses : 12 Agustus 2016
https://web.facebook.com/lsinta.rumahpengantin
?fref=ts, diakses : 12 Agustus 2016
Instagram L’Sinta Rumah Pengantin
Nazir, Moh. 2014. Metode Penelitian. Bogor :
ghalia Indonesia.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Bisnis.
Bandung : Alfabeta.