Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntasi
DOI:
https://doi.org/10.30741/wiga.v2i2.75Keywords:
kecerdasan emosional, pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, empati, keterampilan sosial, tingkat pemahaman akuntansiAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh kecerdasan emosional dengan variabel pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, empati dan keterampilan sosial mahasiswa terhadap tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa pada sekolah tinggi ilmu Ekonomi (STIE) Widya Gama Lumajang.
Penelitian ini melakukan pengujian terhadap hipotesis yang menyatakan terdapat pengaruh kecerdasan emosional dengan variabel pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, empati dan keterampilan sosial mahasiswa terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Metode penlitian yang digunakan adalah metode statistik regresi linier sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk variabel pengenalan diri terdapat pengaruh negative atau berlawanan terhadap tingkat pemahaman akuntansi, variabel pengendalian diri terdapat pengaruh negative atau berlawanan terhadap tingkat pemahaman akuntansi, variabel motivasi tidak terdapat pengaruh positif atau searah terhadap tingkat pemahaman akuntansi, variabel empati tidak terdapat pengaruh negative atau berlawanan terhadap tingkat pemahaman akuntansi, dan variabel keterampilan sosial tidak terdapat pengaruh positif atau searah terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Sedangkan secara simultan terdapat pengaruh pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, empati dan keterampilan sosial terhadap tingkat pemahaman akuntansi dengan koefisien determinasi (adjusted R2) diperoleh sebesar 0,332, yang menunjukkan bahwa 33,2% pemahaman akuntansi dapat dijelaskan oleh pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, empati dan keterampilan sosial, sedangkan sisanya 66.8% pemahaman akuntansi dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Keterbatasan penelitian ini adalah hanya meneliti pengaruh pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, empati dan keterampilan sosial terhadap pemahaman akuntansi. Sedangkan variabel lain yang mempengaruhi tingkat pemahaman akuntansi diharapkan dapat diteliti oleh petneliti selanjutnya.