Hubungan Interaktif Penentuan Suku Bunga Simpanan Dengan Loyalitas Nasabah

Studi Kasus Pada Bank Perkreditan Rakyat di Kabupaten Lumajang

Authors

  • Hesti Budiwati STIE Widya Gama Lumajang

DOI:

https://doi.org/10.30741/wiga.v3i2.105

Keywords:

Suku Bunga Simpanan, Loyalitas Nasabah

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif model hubungan interaktif atau reciprocal adalah hubungan yang saling mempengaruhi. Penelitian bertujuan untuk mendapatkan bukti adanya pengaruh penentuan suku bunga simpanan terhadap loyalitas nasabah dan sebaliknya pengaruh loyalitas nasabah terhadap penentuan suku bunga simpanan. Penelitian dilakukan pada nasabah Bank Perkreditan Rakyat di Kabupaten Lumajang. Penelitian ini melakukan pengujian terhadap hipotesis yang menyatakan terdapat pengaruh penentuan suku bunga simpanan yang signifikan terhadap loyaitas nasabah dan sebaliknya terdapat pengaruh loyalitas nasabah yang signifikan terhadap penentuan suku bunga simpanan.

Hasil penelitian terhadap 80 responden menunjukkan terdapat pengaruh penentuan  suku  bunga  simpanan  yang  signifikan  terhadap  loyaitas  nasabah dan sebaliknya terdapat pengaruh loyalitas nasabah yang signifikan terhadap penentuan suku bunga simpanan. Fungsi regresi linier sederhana yang dihasilkan atas pengaruh penentuan suku bunga simpanan yang signifikan terhadap loyalitas nasabah adalah Y =  5,222 + 0,358 X    dan fungsi regresi linier sederhana yang dihasilkan atas pengaruh loyalitas nasabah terhadap penentuan suku bunga simpanan adalah Y = 11,029 + 0,414 X.

Hasil koefisien determinasi atas pengaruh penentuan suku bunga simpanan terhadap loyalitas nasabah sebesar 14,8% penentuan suku bunga simpanan dapat dijelaskan oleh loyalitas nasabah, sedangkan sisanya yaitu 85,2% loyalitas nasabah dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil koefisien determinasi atas pengaruh loyalitas nasabah terhadap penentuan suku bunga simpanan sebesar 14,8% loyalitas nasabah dapat dijelaskan oleh penentuan suku bunga simpanan, sedangkan sisanya yaitu 85,2% penentuan suku bunga simpanan   dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Keterbatasan penelitian ini adalah meneliti hubungan interaktif antara penentuan suku bunga simpanan dengan loyalitas nasabah yang hanya menggunakan satu variabel independen dan satu variabel dependen, sedangkan variabel lain yang saling mempengaruhi dengan menggunakan lebih dari satu variabel diharapkan dapat diteliti oleh peneliti selanjutnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2013-09-30

How to Cite

Budiwati, H. (2013). Hubungan Interaktif Penentuan Suku Bunga Simpanan Dengan Loyalitas Nasabah: Studi Kasus Pada Bank Perkreditan Rakyat di Kabupaten Lumajang. Wiga : Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi, 3(2), 39–53. https://doi.org/10.30741/wiga.v3i2.105

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>